Perkuat PPID, Humas KSB dan SOMASI NTB Gelar Workshop

Oct 22, 2014

Taliwang, Sumbawanews.com.- Kemitraan strategis yang telah dibangun pemerintah daerah kabupaten Sumbawa Barat bersama SOMASI NTB tentang keterbukaan infromasi publik semakin menguat. Belakangan, pemerintah daerah dan SOMASI NTB mengagendakan workshop selama tiga hari untuk penguatan PPID di sejumlah SKPD.

Demikian, diterangkan kepala bagian Humas Pemda Kabupaten Sumbawa Barat Najamuddin, Rabu (22/10) pagi tadi, sebelum kegiatan workshop itu dimulai.

Kegiatan itu, kata Najam, demikian sapaan akrabnya, dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan informasi dan dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Daerah Sumbawa Barat. Menurutnya, sebagai PPID Utama, Humas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat berkewajiban untuk mendorong percepatan peningkatan kualitas kinerja PPID.

“Kemarin kita sudah gelar FGD tentang Perbup Keterbukaan Infromasi Publik (KIP), dan sekarang (22/10.red) workshop penguatan fungsi PPID,” terangnya.

Workshop Layanan Informasi Publik ini, lanjut Najam, ditujukan bagi setiap PPID Pelaksana dan Staf Pengelola Data dan Informasi yang ada di setiap Badan Publik. Acara tersebut akan berlangsung selama 3 hari, yaitu dari hari Rabu sampai dengan Jumat (22-24 Oktober 2014.red).

Dijelaskan, ada dua tujuan inti kegiatan itu, pertama penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) dan, kedua Standar operasional prosedur (SOP). Daftar Informasi Publik (DIP) dihasilkan dari proses klasifikasi informasi oleh PPID Utama dan PPID Pelaksana. DIP akan membantu PPID dalam menentukan jenis informasi yang akan diberikan, disampaikan, atau dipublikasikan kepada pemohon/masyarakat. Sedangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) memegang peranan penting dalam urusan pengelolaan dan pelayanan informasi publik karena menjadi panduan dalam memberikan pelayanan informasi yang mudah, cepat dan murah.

Selain itu, SOP ini juga akan membantu PPID dalam menjalankan tugas, peran dan fungsi dalam mengumpulkan, mengelola, menyimpan dan melaksanakan pelayanan pemberian informasi kepada pemohon.
“intinya kita yakin kemitraan ini akan menghasilakan hal besar buat KSB, khususnya tentang peningkatan kualitas kinerja multipihak tentang pelayanan publik kedepan,”tutup, Najam.

Sementara itu, koordinator program SOMASI NTB, Deniwanputra, mengatakan, kegiatan workshop itu adalah kelanjutan kemitraan yang telah disepakati bersama pemerintah daerahkabupaten Sumbawa Barat, dan fokus dari kegiatan adalah optimalisasi pelayanan infromasi publik.

“Sebagai bentuk komitmen kami, maka kami melakukan support penerapan keterbukaan informasi secara maksimal. Sedangkan, khususnya pada kegiatan ini, komitmen kami adalah menghadirkan pemateri yang punya kemampuan dan kapasitas,”terangnya.

Secara teknis, ada lima hal yang menjadi tujuan dari diadakan kegiatan ini, pertama menyusun Daftar informasi yang dikuasai Badan public, kedua melakukan Klasifikasi informasi/menyusun Daftar Informasi Publik. Ketiga menetapkan DIP dalam bentuk Keputusan Sekda selaku atasan PPID Utama. Keempat, menyusun SOP Sistem Kerja PPID dan Pelayanan informasi PPID Kabupaten Sumbawa Barat. Terakhir, menetapkan SOP Sistem Kerja PPID dan Pelayanan informasi ini dalam bentuk regulasi daerah (SK Setda Kabupaten Sumbawa Barat selaku Atasan PPID Utama).

“Dengan tujuan itu, kami yakin PPID ataupun pelayanan keterbukaan informasi publik di KSB akan maksimal,” demikian, Deni Wanputra. (Unang silatang)

Sumber : Sumbawanews.com